- Electronic Markets (EMs).
- Electronic Data Interchange (EDI).
- Internet Commerce.
- Transaksi tanpa batas
- Transaksi anonim
- Produk digital dan non digital
- Produk barang tak berwujud
- Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis
- Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer
- Consumer-to-Consumer adalah merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
- Consumer-to-Business merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
E-Business adalah merupakan suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronik. E-Business dapat pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik.
Model-model E-Business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis yaitu :
- Virtual Storefront
- Marketplace Concentrator
- Information Brokerme
- Transaction Broker
- Electronic Clearinghouses
- Reverse auction
- Digital Product Delivery
- Content Provider
- Online Service Provider
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
- Menurunkan biaya operasional (operating cost).
- Melebarkan jangkauan (global reach).
- Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Referensi :
http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/30/model-e-business-beserta-kekurangan-kelebihannya/
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/22/e-commerce-dan-e-business/
0 komentar:
Posting Komentar