Jumat, 23 November 2012

Resume Mata Kuliah KSI Pertemuan 7

E-Commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission). Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”. E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet. Sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:
  • Electronic Markets (EMs).
  • Electronic Data Interchange (EDI).
  • Internet Commerce.
Karakteristik E-Commerce :
  • Transaksi tanpa batas
  • Transaksi anonim
  • Produk digital dan non digital
  • Produk barang tak berwujud
Secara umum e-commerce dapat diklasifasikan menjadi empat jenis yaitu Business to Business (B2B),  Business to Consumer (B2C), Consumer-to-Consumer (C2C), dan Consumer-to-Business (C2B).
  1. Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis
  2. Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer
  3. Consumer-to-Consumer adalah merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
  4. Consumer-to-Business merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.

E-Business adalah merupakan suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronik. E-Business dapat pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik.
Model-model E-Business dapat dikategorikan menjadi Sembilan Model bisnis yaitu :

  1. Virtual Storefront
  2. Marketplace Concentrator
  3. Information Brokerme
  4. Transaction Broker
  5. Electronic Clearinghouses
  6. Reverse auction
  7. Digital Product Delivery
  8. Content Provider
  9. Online Service Provider
Ada pula kelebihan dari e-business ini adalah sebagai berikut :
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Referensi :
http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/30/model-e-business-beserta-kekurangan-kelebihannya/
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/22/e-commerce-dan-e-business/

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Imagination Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon