Sabtu, 13 Oktober 2012

Resume Mata Kuliah Konsep Sistem Informasi Pertemuan 6



CRM (Customer Relationship Management)
CRM (Customer Relationship Management) merupakan strategi yang banyak dikembangkan perusahaan saat ini
CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan.
Pentingnya CRM :
  • Tingkat persaingan global antar perusahaan kian besar
  • Fakta bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yg sudah ada
  • Banyak konsumen menginginkan pelayanan purna jual
Pengguna CRM :
  • Biasanya dari perusahaan/bidang usaha berskala kecil sampai ke perusahaan berskala besar
Prinsip dasar CRM yaitu mengambil data input berupa data profile dari semu customer
Secara umum tujuan penerapan CRM untuk :
  • Mengenali dan menganalisa relasi
  • Mengenali dan menganalisa pasar
  • Mengenali dan menganalisa produk keluaran
Beberapa hal yg membuat CRM berhasil adalah :
  • Perencanaan bisnis sudah matang
  • Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM
  • Menentukan batasan-batasan CRM menurut strategi yang diterapkan
  • Menentukan parameter dan standart pengukuran keberhasilan penerapan CRM
Beberapa hal yg perlu diperhatikan dalam penerapan CRM :
  • Sasaran yang ingin dicapai bersifat jangka panjang
  • Sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan perusahaan
  • Hasil yang dicapai dapat menjadi sasaran kunci bagi bisnis perusahaan
  • Nilai resiko akibat penerapan CRM
Kendala yg muncul setelah penerapan CRM :
  • Pelanggan tetap mengeluh
  • Hubugan dengan pelanggan tetap transaksional
  • Tidak ada peningkatan efisien
  • Staf sales dan marketing masih saling menyembunyikan data
  • Keuntungan perusahaan masih stagnan
Manfaat CRM :
  • Jumlah konsumen bertambah
  • Mengetahui tingkat kepemilikan perusahaan pada konsumen
  • Mengetahui kebutuhan konsumen pada masa akan datang
  • Mengetahui ketidaknormalan pada setiap aktivitas transaksi
  • Mengurangi resiko operasional
  • Mampu menganalisa pola data transaksi
Implementasi CRM diperlukan 3 faktor kecil, yaitu :
  • Orang-orang yang profesional
  • Proses yang didesain dengan baik
  • Teknologi yang memadai
Elemen-elemen yang tidak seharusnya ada didalam implementasi CRM :
  • Otomatisasi pemasaran
  • Pusat pelayanan (call center)
  • Penggudangan data (data warehousing)
  • Pencarian data dan analisa proses secara online
  • Pengambilan keputusan dan alat pelaporan


SCM (Supply Chain Management)
SCM (Supply Chain Management) adalah sebuah sistem yg melibatkan proses produksi, pengiriman, penyimpanan, distribusi, dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tsb.
Bagian dalam dari SCM :
  • Aliran material/produk
  • SCM pada hakekatnya
  • Rangkaian/jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah sampai retailer/toko

Manfaat CRM yaitu untuk mengurangi ketidakpastian dan resiko dalam supply chain, yg memberikan pengaruh positif ditingkat penyimpanan linventory, cycle time, proses bisnis, dan jasa customer
Supply chain mencakup 3 bagian, yaitu :
  • Upstream Supply Chain
  • Internel Supply Chain
  • Downstream Supply Chain
Masalah Supply Chain :
  • Kompleksitas struktur supply chain
Melibatkan banyak pihak dengan kepentingan yang berbeda-beda dan perbedaan zona, waktu, bahasa.
  • Ketidakpastian
Ketidakpastian permintaan, ketidakpastian pasokan, ketidakpastian internal
Ada beberapa solusi masalah supply chain :
  • Melakukan outsourcing
  • Membeli input secara langsung daripada memproduksi terlebih dahulu
  • Menciptakan “strategic partnership” dengan supplier
  • Menggunakan pendekatan “just in time” dalam melakukan pembelian
  • Menggunakan supplier seminimum mungkin
  • Memperbaiki hubungan antara supplier dengan buyer
  • Melakukan proses produksi setelah ada order


0 komentar:

Posting Komentar

 

My Imagination Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon