SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Pemasaran yaitu terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yg memuaskan dalam lingkungan.
Marketing ada 4 jenis, yaitu product, promotion, place dan price.
Menurut Kotler’s ada 3 informasi pemasaran, yaitu :
- Informasi pemasaran internal
Informasi yang dikumpulkan oleh perusahaan
- Intelejen pemasaran
Informasi yang mengalir ke perusahaan dari lingkungan
- Komunikasi pemasaran
Informasi yang mengalir keluar ke lingkungan
Sistem informasi pemasaran adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja sama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan
Model SIP (Sistem Informasi Pemasaran)
- Subsistem Input
Berasal dari sistem informasi akuntansi yang melakukan pengumpulan data untuk menjelaskan transaksi pemasaran.
- Subsistem Output
Subsistem produk, subsistem tempat, subsistem promosi, subsistem harga, subsistem bauran(mix).
Input dari sistem informasi pemasaran adalah accounting informations system, marketing research subsystem dan marketing intelligence subsystem.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Sistem informasi akuntansi menyediakan data pesanan penjualan.
Bentuk data dari sistem informasi akuntasi adalah laporan periodik, laporan khusus, model matematika dan sistem pakar.
Subsistem Penelitian Pemasaran terdiri dari data primer dan data sekunder.
Data primer yaitu mencakup survey, observasi, interview, dan pengujian terkendali, sedangkan data sekunder yaitu mencakup mailing list, dan statistik penjualan.
Subsistem Intelijen Pemasaran :
- Mengumpulkan data pesaing secara etis
- Mengumpulkan data pelanggan
Subsistem Produk :
- Siklus Hidup Produk
Menelusuri penjulan suatu produk
Subsistem Tempat :
- Saluran distribusi
- Produk/materi, uang, dan saluran informasi mengalir melalui saluran distribusi
- Dua pendekatan komunikasi :
Informasi umpat balik dan ampun maju
Electronic Data Intercharge
Subsistem Promosi :
- Agen periklanan
- Penjualan secara personal
- Sales promosi
Subsistem Harga :
- Penentuan harga berdasarkan biaya
- Penentuan harga berdasarkan permintaan
Penggunaan Sistem Informasi oleh Manajer :
- Perusahaan besar menggunakan komputer sebagai alat pemasaran
Untuk mempelajari keinginan dan kebutuhan konsumen dan memformulakan bauran pemasaran
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
Sistem informasi SDM adalah suatu sistem untuk mengumpulkan dan memelihara data yang berisi sumber daya manusia, mengubah data menjadi informasi dan melaporkan ke pemakai.
Kegiatan utama SDM adalah perekrutan dan penerimaan, pendidikan dam pelatihan, manajemen data, penghentian dan administrasi tunjangan.
Accounting information subsystem ada 2 tipe data yaitu personel dan accounting.
Human Resource Research Subsystem yaitu mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM dari lingkungan perusahaan seperti : pemerintah, pemasok, serikat kerja, masyarakat global, masyarakat keuangan.
Human Resource Intelligence Subsystem yaitu memungkinan manajemen untuk mengindetifikasi kebutuhan pegawai di masa datang.
Aplinensi Organisasi :
- Bagan organisasi
- Peramalan gaji
- Job analysis
- Planning
- Pemodelan angkatan kerja
Recruting Subsystem :
- Penelusuran pelamar
- Pencarian internal
- Penilaian kinerja
- Pelatian
- Pengendalian posisi
- Relokasi
- Skills
- Suksesi
- Kedisiplinan
Compensation Subsystem :
- Peningkatan penghargaan
- Gaji
- Kompensasi
Benefit Subsystem :
- Tunjangan tetap
- Laporan tunjangan
- Pemberian saham
Environmental Reporting System
0 komentar:
Posting Komentar